Jakarta – Informasi dan mitos kerap beredar dari mulut ke mulut dan turun-menurun. Nyatanya hal tersebut belum terbukti secara klinis, namun herannya banyak orang yang mempercayainya.

Rambut salah satunya. Hal ini disebabkan banyaknya wanita yang berusaha memiliki rambut yang indah atau ketakutan pria akan kebotakan. Berikut ini mitos seputar rambut yang tidak sesuai dengan fakta yang ada.

1. Menyisir rambut 100 kali
Banyak orang yang mengatakan bahwa dengan menyisir rambut sebanyak 100 kali sebelum tidur akan membuat rambut menjadi lebih kuat, lebih indah dan memanjang lebih cepat. Kenyataannya, mitos ini 100 persen salah.

Menyisir rambut memang merangsang folikel serta kulit kepala untuk tumbuh. Permasalahannya menyisir rambut 100 kali adalah kegiatan yang berlebihan. Hal ini justru merusak rambut.

Sisirlah rambut saat menatanya saja. Menyisir rambut saat hendak tidur bukanlah hal yang salah, namun cukup lakukan dalam tiga hingga empat sapuan saja.

2. Shampo saja cukup
Kalimat di atas mirip dengan sebuah tagline pada sebuah iklan shampo. Hal ini perlu dicermati karena sebenarnya kondisioner tetap dibutuhkan untuk melembabkan rambut.

Shampo hanya mengandung bahan untuk membersihkan rambut saja, tetapi tidak melembabkannya. Jadi, Anda perlu memiliki kondisioner setelah keramas atau menggunakan shampo two-in-one yang jelas menyatakan adanya kandungan kondisioner.

3. Busa yang banyak = Shampo yang bagus
Ada mitos yang mengatakan bahwa busa yang banyak pada rambut saat keramas, menandakan shampo tersebut bekerja dengan baik. Perlu diketahui bahwa busa pada dasarnya dibuat untuk efek khusus dan bukan indikator dari seberapa baik shampo yang digunakan.

4. Berkeramas tiap hari dapat merusak rambut
Mitos ini menjadi perbincangan yang cukup hangat. Banyak orang yang mempercayainya sehingga mereka rela berkeramas dua hingga tiga hari sekali.

Mitos ini memang tidak sepenuhnya salah. Berkeramas tiap hari memang dapat merusak rambut, jika menggunakan shampo yang tidak bagus atau berkeramas dengan kasar. Misalnya saat membilas rambut, shampo tidak benar-benar hilang dan tertinggal di rambut karena terburu-buru.

Perlu atau tidaknya berkeramas tiap hari tergantung jenis rambut Anda. Jika dalam dua hari rambut Anda masih terlihat bagus dan tidak berminyak, maka Anda tidak perlu melakukannya setiap hari.

Sumber : wolipop.com